December 10, 2009

Bebe...Week 15

Kemarin malam, aku dan hubby kembali melakukan pemeriksaan rutin untuk Bebe 'my little one'. Alhamdulillah, seminggu ini kondisi badan mulai membaik, jarang muntah, mual juga kadang-kadang. Selera makan memang agak luar biasa di 2 minggu terakhir, terutama karbohidrat (nasi).

Minggu ini, konsultasi ditambah dengan pemeriksaan Antenatal darah dan urine. Tujuannya (tar diinget-inget, kalo ga salah):
1. Pemeriksaan golongan darah dan rhesus.
2. Pengecekan haemoglobin untuk mendeteksi anemia
3. Screening infeksi yang yang mempengaruhi ibu dan janin, seperti hepatitis B, HIV dll
4. Pengecekan imunitas terhadap Rubella


Setelah itu, konsultasi kembali dengan Dr. Selina. Dokter menanyakan apakah ada keluhan, well sejujurnya ga ada keluhan selain sulit tidur akhir-akhir ini. Ternyata, itu adalah pengaruh hormonal. Aku disuruh jangan banyak pikiran, atau berpikir macam-macam menjelang tidur. Cukup kosongkan pikiran dan istirahat. Selain itu tidak banyak keluhan, dan dokter hanya meresepkan multivitamin tambahan karena kondisiku sudah tidak mual-mual sesering dulu.

Sayang, kali ini ga sempat minta print-out USG Bebe. Dia ga bisa diem saat di USG, tangannya gerak-gerak...lucu ^_^". Hubby bilang, Bebe seperti lagi main pingpong, ga bisa diam. Alhamdulillah, Bebe sehat. Detak jantungnya kuat. Diluar kondisi ini paling tinggal tunggu week 20 atau lebih untuk mengecek kondisi fisik Bebe.

So, review kesehatan minggu ini buatku, the mommy:
- Tekanan darah 98/64, dokter bilang masih OK
- Berat badan naik, jadi 57.8kg.

Dokter menyarankan supaya konsumsi karbohidrat dan gula dikurangi (gimana donk Be, ga bisa ngemil nasi atau hashbrown kalo lapar di luar jam makan kayanya hehehe ^^"). Di ganti buah-buahan aja ya, sayang?
Mulai saat ini, harus lebih semangat lagi. Demi ayah (hubby tercinta) dan Bebe....

*Note: lupa juga ga tanya ukuran Bebe. Bis kata dokter Bebe sehat, detak jantungnya kuat dan bergerak aktif. Jadi seneng liat bebe di monitor USG joget-joget ampe lupa tanya. Hehehe...

Review pemeriksaan kali ini:
1. Antenatal Screening test: SGD 87
2. Consultation : SGD 60 (yaay.....lumayan...1/2 harga konsultasi di hari sabtu :P)
3. Vitamin Pramilet 2 botol: SGD 22
4. Calsidan (Multivitamin Kalsium 600mg): SGD 12.
Total kali ini habis SGD 181. Lebi murah dari konsultasi pertama, SGD 220 an. Piiuh....... ^_^"

-mommy to be-

2 comments:

h-nee said...

bb-ny dah naik lum say?
seneng y mumun-ny dah berkurang :)

Trisko said...

Wahaha....bb malah sebulan naik 2 kilo, makanya bu dok nyuruh mengurangi carb ma gula, takutnya tar kalo kebablasan jadi kegemukan :P

Iya nih...jadi lebi semangat kalo dah ga mumun :D