November 23, 2009

My Pregnancy ^_^"

Semenjak postingan terakhir, sudah cukup lama aku tidak menuangkan coret-coret di blog ini. Dua bulan terakhir ini, mood untuk menulis blog memang menguap begitu saja. Banyak aktivitas yang memang malas kulakukan, karena dalam sebulan ini aku mengalami gejala pregnancy sickness.

Pregnancy????
Hehehe, Alhamdulillah teman-teman, aku memang sedang mengandung saat ini. Mungkin ini adalah hadiah paling indah yang kudapatkan ditahun ini. Awalnya, seperti curhatanku disini, aku kesulitan mengontrol kondisi lambung. Selain sakit tenggorokan, aku selalu merasa mual setiap kali merasa lapar. Seorang teman menduga bahwa aku sedang mengandung. Saat itu, aku tidak banyak berharap, mengingat aku baru melewati 2 minggu dari masa haidku.


Saat pulang ke Bandung untuk menghabiskan liburan Hari Raya, aku mencoba mengetes menggunakan pregnancy test kit yang kubeli di Watson.
Hasilnya.....( ada dibawah ini)

Gambarnya sedikit blur disebabkan tanganku gemetar saat mencoba mendokumentasikannya. And why there are three? Well, I bought 2 type, salah satunya berisi 2 buah. Kenapa kupakai ketiga-tiganya? Karena penasaran..... ^_^"

Selain menggunakan test kit, aku mencoba melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Saat itu, aku menemui Dr.Tita dari RS. Hermina - Bandung.

Aku mengunjungi dokter tanggal 24 September 2009. Saat itu, hasil USG belum menunjukkan adanya janin (it's normal, mengingat aku baru telat 1 hari dari jadwal haid) ^^". Dr. Tita hanya menginformasikan, bahwa dari hasil USG, garis rahimku tampak memudar, dan biasanya hal ini menunjukkan bahwa wanita sedang mengandung. Dokter menyarankan aku melakukan konsultasi 2 minggu lagi, untuk memastikan apakah memang janin telah tumbuh dirahimku atau tidak. Kondisi terakhirku dibulan September, BB: 58.8.

12 Oktober 2009, aku kembali mengecek kondisi kehamilanku. Seminggu sebelumnya, aku mulai merasakan gejala yang sering disebut Morning Sickness (jujur, ga cocok disebut morning sickness, 'coz it happen everytime.... T_T). Kembali melakukan USG, hasilnya sang janin sudah tampak. Hasilnya kurang jelas, karena saat itu aku kurang minum. Aku baru tahu, sebelum melakukan USG, diusahakan minum sekurang-kurangnya 600cc agar hasilnya tampak lebih baik. Kondisiku diminggu ini:
BB: 56.4
Kandungan: 7 minggu
ukuran janin: 0.82 cm
Mulai merasakan efek mual dan muntah. Salah makan, muntah. Anti dengan perdagingan dan susu. Hobi satu-satunya adalah tidur ^_^". Berjuang melawan flu berbekal obat dari Dokter.

19 Oktober 2oo9, aku kembali mengunjungi RS. Kali ini, kedatanganku disebabkan si flu yang muncul semenjak seminggu sebelumnya tak kunjung sembuh. Liburanku di Bandung juga hanya 1 minggu lagi, kasihan hubby, ditinggal sendiri di negeri orang.
Akhirnya Dokter memberi antibiotik untuk flu dan beberapa obat. Sebagai tambahan, vitamin ProMama untuk kehamilanku. Hasil USG minggu ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Sang janin tampak jelas, walaupun ukurannya baru 1.6cm. Pregnancy sickness belum membaik, mengakibatkan selera makan tidak meningkat. Kondisi terakhir sebelum kembali ke pelukan hubby tercinta:
BB: 55.5
Kandungan: 8 minggu
Ukuran janin: 1.6 cm.
Sejauh ini, yang kutahu dari konsultasi pada masa hamil hanya USG dan konsultasi (tanya jawab dengan dokter).

14 November 2009 lalu, aku kembali melakukan pemeriksaan rutin. Lokasinya di Women's Specialist @ Bukit Batok. Deg-degan juga, mengingat pertama kali melakukan pemeriksaan disini. Untungnya, ada dokter wanita di klinik ini. Namanya Dr. Selina Chua. Kali ini sang dokter ternyata tidak se-feminin yang kubayangkan. Tampak tomboy, namun yang kusuka adalah karena Dr. Selina menjawab setiap pertanyaan dengan penjelasan yang baik.

Untuk check-up disini, pengalamannya agak *luar biasa* hehe....
Ternyata, selain pemeriksaan janin melalui USG, dokter juga melakukan pemeriksaan jalan lahir (a.k.a daerah bagian 'sana') dan juga kondisi payudara. Huwa......untung dokternya perempuan. Kalau tidak, pasti akan memalukan sekali...... :">

Alhamdulillah, pemeriksaan yang terakhir pun hasilnya baik. Karena kehamilanku belum 20 minggu, dokter belum bisa menginformasikan apakah kondisi fisik janin baik, mengingat ukuran si janin masih sangat kecil. Namun, dari segi ukuran dan umur kehamilan, perkembangan janinku berjalan sesuai dengan usia kehamilanku. Kondisi cairannya, ukuran janin dan detak jantungnya pun baik. Aku tidak menyangka, mendengar detak jantung si janin bisa membuatku terharu.

PS: PFiuh....banyak juga curhatannya ya?
For my little one...., tumbuh yang sehat ya... ^___________^

-trisko-

2 comments:

Gracey.. said...

wah senengnya! congrats ya say! all the best for the mom and baby

Trisko said...

Tenkyu Grace...
Ayo....nyusul hehehe ^^