January 19, 2010

My Bebe 20W3D

Telat postingnya, seharusnya diposting tepat Rabu Malam yang lalu, 13 Januari 2010. Hanya saja Bunda-nya terlalu males buat ngutak-ngatik blog seminggu ini. Jadinya baru kesampaian dicatat minggu ini.

Check - up di minggu ke-20 ini, aku hanya melakukan konsultasi mengenai apakah ada problem selama ini. Sakit pinggang, sakit perut bawah, gerakan Bebe. Alhamdulillah, selama hamil ga pernah mengalami sakit yang mengganggu kesehatan Bebe, yang paling bermasalah kalau tiba-tiba mual dan throw up aja, tapi tidak ada yang betul-betul mengganggu kesehatan. Sejauh ini mual-mual juga tidak sesering biasanya, berakibat ditegur bu dokter lagi, gara-gara kenaikan berat badannya mulai agak ekstrem ^_^". Sebetulnya kalau melihat blog atau cerita temen-temen yang sudah mengandung atau melahirkan lebih dulu, tampaknya kenaikan-ku cukup normal. BB-ku memang sempat turun ekstrem dalam 2 minggu, dari 58kg ke 55.7kg. Dengan kenaikan berat badang sekarang, aku sudah bertambah 5kg dari berat badan terendah, atau baru 2.7kg dari BB sebelum hamil (memang BB cukup berlebih siih, hehe...). Tapi dokter tetap mewanti-wanti untuk menjaga pola makan, dan diusahakan kenaikan perbulan tidak lebih dari 1.5kg. Piiiuh...semoga bisa dilakukan...


Bulan ini, tidak ada vitamin tambahan yang diberikan, karena stok vitamin Pramilet dan suplemen kalsiumku memang di-stok untuk 2 bulan. Proses yang lama kemarin adalah proses USG lengkap untuk mengecek kondisi fisik Bebe. Alhamdulillah...., dari hasil pengecekan secara keseluruhan kondisi Bebe normal. Detak jantung sehat, perkembangan organ-organnya juga cukup baik. Sempat terharu liat Bebe lagi asik minum cairan ketuban, sampai muncul bubble-bubble di layar monitor. Istilah-istilah pengecekannya ga jelas, karena dokter bicara cukup pelan dengan hubby, sementara aku sibuk menatap layar monitor USG. Tapi senang, setelah tahu kondisi fisik and dugaan jenis kelamin Bebe too... ^_^"

Catatan lengkap mungkin baru aku apdet setelah dapat copy medical record sebelum kepulangan ke Bandung bulan Maret nanti. Yang kudapat dari bulan ini adalah:
BB bunda: 60.7 kg (cukup berlebih...disuruh jaga pola makan)
BB Bebe : 344 gram (dokter masi mengatakan kondisi Bebe normal, ga kegemukan, ga kurang BB)
BP bunda: 107/60 (mungkin karena makan dulu, jadi tekanan darah cukup baik)

Bebe sepertinya tahu kalo ayah dan bunda seneeng banget, jadi dia juga sering menunjukkan perhatiannya dengan tendangan cinta.
Yang sehat ya Bebe....peluk cium dari ayah dan bunda.... muaaaachhh ^3^

No comments: