June 22, 2009

Our Wedding (Part1): Preparation

Untuk calon pengantin yang sering browsing di internet, pasti banyak menemukan tips-tips persiapan pernikahan. Hal itu juga aku alami saat mempersiapkan pernikahan. Umumnya, tips diberikan untuk persiapan 1 tahun. Ku akui, memang waktu yang baik untuk mempersiapkan resepsi mungkin adalah 1 tahun. Waktu ini memberi keleluasaan untuk mencari dan mempertimbangkan vendor pernikahan yang akan dipakai pada saat resepsi.

Persiapan pernikahanku sendiri, dilakukan 6 bulan sebelum hari H. Waktu yang cukup singkat, ditambah dengan lokasi aku dan mas yang saling berjauhan (sementara aku pun kerja di luar kota), membuat waktu 6 bulan terasa begitu singkat. Tips-tips di internet terasa tidak berguna, karena tidak sesuai dengan time limit yang kami miliki.
Jadi, dari tips-tips tersebut, aku mengambil beberapa hal-hal penting yang kupakai sebagai acuan.


1. Menentukan tanggal dan lokasi
Hal ini mungkin paling utama, terutama untuk pasangan yang ingin melakukan resepsi pernikahan di luar rumah (a.k.a gedung). Waktu ini memastikan kita dapat menentukan waktu pemesanan gedung, yang umumnya dilakukan jauh sebelum pernikahan dilaksanakan.

2. Menentukan budget
Merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam mempersiapkan pernikahan. Apalagi, budget merupakan hal yang sensitif. Jangan sampai kita menginginkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang kita miliki.

3. Memilih catering
Untuk mengadakan resepsi di gedung, pemilihan catering juga merupakan hal yang penting. Terkadang, ada beberapa gedung yang memiliki partner catering tersendiri, sehingga jika kita memilih catering yang berbeda, akan dikenakan charge tambahan. Selain itu, porsi harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang datang.

4. Memilih dekorasi tempat resepsi
Saat ini, banyak catering yang menyediakan paket catering dan dekor. Namun, kemungkinan dekorasi yang dimiliki terbatas. Beberapa pengantin bahkan memilih vendor dekorasi yang terpisah. Menurut pendapat saya pribadi, kecuali pasangan pengantin memiliki dana berlebih, penggunaan paket dekorasi dari catering adalah pilihan yang efisien.

5. Memilih busana dan tata rias
Bagi pengantin wanita, mungkin inilah yang terpenting. Mulai dari pilihan busana, apakah akan menggunakan kebaya atau gaun pengantin, warna dan pemilihan aapakah akan membuat sendiri atau menyewa. Hal ini juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari, terutama jika ingin membuat sendiri busana pengantin tradisional atau kebaya. Berdasarkan pengalaman, umumnya pembuatan kebaya pengantin menghabiskan waktu minimal 2 bulan.

6. Dokumentasi dan entertainment

7. Pengaturan tanggung jawab dan pengurusan surat-surat.

Berhubung seumur-umur belum pernah mengurus hal seperti ini, memang cukup menyibukkan.
Apalagi proses persiapan hanya bisa dilakukan seminggu sekali..
Untungnya, aku sempat bergabung dengan forum yang berhubungan dengan persiapan pernikahan. Berbekal teman-teman sesama calon pengantin, akhirnya, walaupun jauh dari sempurna, akhirnya bisa terlaksana juga pada tanggal 23 Mei 2009.
Alhamdulillah....

No comments: